daging segar dari laut

DAGING SEGAR DAN LEZAT DARI LAUT
Sebenarnya kita yang hidup di negara kepulauan ini pantas bersyukur dengan melimpahnya kekayaan perairan kita. Allah SWT berfirman:
Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur. (Terj. QS. Fathir [35]: 12)
Banyak substitusi (pengganti) jika harga daging sapi sedang mahal. Apalagi harga hasil laut biasanya lebih murah. Teri Rp 52.000/ kg bisa untuk tiga kali makan. Ditumis dengan campuran cabe rawit. Cocok untuk sarapan pagi. Sangat sehat karena protein dan kalsiumnya tinggi. Tuna Besar Rp 40.000/ kg. Dagingnya merah seperti daging sapi. Bisa dibuat masakan rendang atau berkuah. Bila dibuat rendang dengan tambah kacang merah, rasanya tak jauh beda dengan rendang daging sapi. Lebih murah pula, karena memasaknya pun bisa lebih cepat. Hemat bahan bakar.  Digoreng biasa juga enak, mirip daging goreng sedikit agak lembut teksturnya. Ada juga Tongkol Besar Rp 15.000/ ekor  biasa disajikan dalam bentuk asam padeh. Masakan ala Sumatera ini juga menjadi favorit para santri. Kelezatan berbagai masakan hasil laut ini termaktub dalam al-Qur`an:
”Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan. (Terj. QS. Al-Ma`idah [5]: 96)
Disamping lebih murah, hasil laut halal dikonsumsi, baik masih hidup maupun sudah jadi bangkai. Rasulullah saw bersabda:
”Laut itu suci airnya dan halal bangkainya.” (HR. Malik, asy-Syafi’i, Imam Empat, dan Ibnu Khuzaimah)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS