PENGERTIAN PASAR DAN STRUKTURNYA

-->

PASAR

pasar adalah pola kebiasan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu. Kegiatan-kegiatan perilaku meliputi tindakan penilaian , keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan suatu produk.
Di sini saya akan mencoba menjelaskan perilaku pasar terhadap buku pelajaran. Buku pelajaran sebagian yang mengkonsumsi adalah siswa/i atau mahasiswa/i dan harganya sekitar kurang lebih Rp. 35.000,00-Rp. 200.000,00 biasanya buku pelajaran sering di beli pada tahun ajaran baru dan di beli di toko-toko buku. Pelajar membeli buku plajaran karena mereka mambutuhkan buku pelajaran untuk di pelajari pada saat sekolah atau kuliah. Proses membeli buku pelajaran tersebut adalah para pelajar mendapatkan informasi dari pengajar tenteng buku yang di pakai saat belajar lalu para pelajar membeli buku tersebut di sebuah toko buku.
Jadi, Perilaku pasar adalah pola kebiasan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan. Pemahaman terhadap profil dan prilaku pasar akan menjelaskan tentang :
1. Siapa, Apa, Berapa, Kapan , Dimana pembelian dilakukan?
2. Mengapa suatu produk dibeli
3. Bagaimana proses pembelian terjadi

Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
  • Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
  • Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
    • Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
    • Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
    • Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
    • Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
    • Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
    • Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Penjualan perusahaan dibandingkan pasar keseluruhan (disebut pangsa pasar) normalnya lebih tinggi jika menghadapi persaingan sedikit. Perusahaan dapat memasang harga tinggi, tanpa kehilangan konsumen. Keseluruhan penghasilan (total revenue) tergantung pada jumlah (quantity) yang terjual dan harga per unit (price).
Penghasilan = Jumlah Unit terjual x harga
Revenue = Q X P


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS